Visi


Visi Prodi Sasindo mengacu pada Visi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Visi Fakultas Bahasa dan Seni, dan Visi Universitas Negeri Surabaya. Adapun alur turunan visi tersebut

sebagai berikut :

Visi Universitas adalah Unggul dalam Kependidikan Kukuh dalam Keilmuan (Excellent in Education Strong in Science).

Visi Fakultas Bahasa dan Seni “FBS sebagai institusi keilmuan, kependidikan, dan kebudayaan terunggul”

Visi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia “Unggul dalam kependidikan bahasa dan sastra Indonesia kukuh dalam keilmuan bahasa dan sastra Indonesia”

Berdasarkan visi universitas, visi fakultas, dan visi jurusan tersebut, visi Prodi Sasindo dirumuskan menjadi

“Pada 2030 Menjadi Program Studi yang Unggul di Bidang Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia pada Tingkat Internasional”

 

1)   Yang dimaksud dengan "unggul” adalah kelebihan yang tidak dimiliki program studi lain. Kelebihan tersebut terdapat pada kompetensi ilmu pengetahuan yang terepresentasikan pada esensi kompetensi ilmu pengetahuan dan professionalitas di bidang “bahasa dan sastra Indonesia”.

2)   Ilmu pengetahuan bermakna kompetensi keahlian yang terintegrasi dengan profesionalitas di bidang bahasa dan sastra Indonesia.

3)   Bahasa dan sastra Indonesia bermakna bahwa objek kajian kompetensi profesional pada Prodi Sasindo adalah bahasa Indonesia dan sastra Indonesia.

4)   Tingkat internasional adalah area tataran keberhasilan yang ingin dicapai oleh Prodi Sasindo pada tahun 2030.

 

Untuk meraih Visi Prodi Sasindo seperti yang diinginkan di atas, disusun beberapa tahap pencapaian. Tahapan pencapaiannya dirinci dalam bentuk  tabel berikut ini. 


Tahap ke-

Tahun

Target Capaian

1

2017 – 2020

Prodi Sasindo menyiapkan diri untuk memiliki daya saing pada tingkat nasional dengan status akreditasi A

2

2021 – 2025

Prodi Sasindo menyiapkan diri untuk memiliki daya saing pada tingkat regional dengan status akreditasi Aun-QA

3

2026 – 2030

Prodi Sasindo menyiapkan diri untuk memiliki daya saing pada tingkat internasional dengan status terakreditasi Agency for Quality Assurance through the Accreditation of Study Programmes (AQAS)

     


                              

Misi


Berdasarkan visi prodi di atas, misi Prodi Sasindo
adalah

1)   Menyelenggarakan pembelajaran ilmu bahasa dan sastra Indonesia yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

2)   Menyelenggarakan penelitian ilmu bahasa dan sastra Indonesia untuk mengembangkan ilmu dan kesejahteraan masyarakat.

3)   Menyebarluaskan hasil penelitian ilmu bahasa dan sastra Indonesia melalui pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan dan pembudayaan masyarakat.

4)   Mewujudkan Prodi Sastra Indonesia sebagai pusat kajian ilmu bahasa dan sastra Indonesia di Indonesia, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur kebudayaan nasional.

Menyelenggarakan tata kelola program studi yang akuntabel, efektif, efisien, dan transparan untuk menjamin mutu layanan