VISI
Menjadi program studi yang tangguh, adaptif, serta inovatif dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia berbasis kewirausahaan pada tingkat internasional.
MISI
- Menyelenggarakan pembelajaran ilmu bahasa dan sastra Indonesia
yang berpusat pada peserta didik
dengan pendekatan yang
efektif serta mengoptimalkan teknologi.
- Melakukan
penelitian untuk pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia
serta kesejahteraan masyarakat.
- Menyebarluaskan hasil penelitian melalui
pengabdian masyarakat yang berorientasi
pada pemberdayaan dan
pembudayaan masyarakat.
- Mengembangkan prodi sebagai pusat
kajian ilmu bahasa
dan sastra Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai luhur
kebudayaan nasional.
- Menyelenggarakan tata kelola prodi yang akuntabel, efektif, efisien, dan transparan.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang kompeten
sebagai ilmuwan, jurnalis, dan kreator di bidang
bahasa dan sastra Indonesia.
- Menciptakan lulusan yang inovatif, beretika,
berwawasan multikultural, serta mampu berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif.
- Mengembangkan pembelajar sepanjang hayat yang empati serta memiliki jejaring luas.
STRATEGI
PENCAPAIAN
Untuk mencapai visi dan misi, berikut strategi-strategi yang akan dilaksanakan:
1. Pengembangan Dosen dan Mahasiswa:
- Mengikutsertakan minimal
2 dosen prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa
dalam kompetisi hibah
penelitian dan pengabdian masyarakat setiap tahun.
- Melibatkan minimal
3 mahasiswa prodi
S1 Sastra Indonesia FBS Unesa dalam kompetisi hibah dan penelitian setiap tahun.
- Menargetkan 40% dari dosen
prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa memiliki publikasi di jurnal internasional bereputasi dalam 5 tahun.
- Mengikutsertakan minimal
2 dosen prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa
dalam kompetisi hibah
penelitian dan pengabdian masyarakat setiap tahun.
- Melibatkan minimal
3 mahasiswa prodi
S1 Sastra Indonesia FBS Unesa dalam kompetisi hibah dan penelitian setiap tahun.
- Menargetkan 40% dari dosen
prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa memiliki publikasi di jurnal internasional bereputasi dalam 5 tahun.
2. Kurikulum dan Proses Belajar:
- Melakukan monitoring dan evaluasi 100% perkuliahan setiap semester di prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa.
- Merestrukturisasi kurikulum
prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa setiap 5 tahun untuk memastikan relevansi
dengan kebutuhan zaman. Setiap tahun melakukan peninjauan kurikulum, dan
melakukan revisi kecil jika memungkinkan, misalnya revisi
dekripsi matakuliah.
- Meningkatkan pembelajaran berbasis teknologi dengan target 80% mata
kuliah memanfaatkan Learning Management System (LMS)
pada tahun 2025.
- Melakukan monitoring dan evaluasi 100% perkuliahan setiap semester di prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa.
- Merestrukturisasi kurikulum
prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa setiap 5 tahun untuk memastikan relevansi
dengan kebutuhan zaman. Setiap tahun melakukan peninjauan kurikulum, dan
melakukan revisi kecil jika memungkinkan, misalnya revisi
dekripsi matakuliah.
- Meningkatkan pembelajaran berbasis teknologi dengan target 80% mata
kuliah memanfaatkan Learning Management System (LMS)
pada tahun 2025.
- Melakukan monitoring dan evaluasi 100% perkuliahan setiap semester di prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa.
- Merestrukturisasi kurikulum
prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa setiap 5 tahun untuk memastikan relevansi
dengan kebutuhan zaman. Setiap tahun melakukan peninjauan kurikulum, dan
melakukan revisi kecil jika memungkinkan, misalnya revisi
dekripsi matakuliah.
- Meningkatkan pembelajaran berbasis teknologi dengan target 80% mata
kuliah memanfaatkan Learning Management System (LMS)
pada tahun 2025.
3. Pengelolaan Sumber Daya:
- Menyediakan pendanaan mandiri untuk kegiatan
akademik sebesar 10% dari
total anggaran tahunan prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa melalui penggalangan dana dari masyarakat, alumni, dan mitra (stakeholder).
- Meningkatkan partisipasi prodi S1
Sastra Indonesia FBS Unesa dalam program hibah
universitas hingga mencapai
80% keberhasilan proposal
dalam 3 tahun.
- Menyediakan pendanaan mandiri untuk kegiatan
akademik sebesar 10% dari
total anggaran tahunan prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa melalui penggalangan dana dari masyarakat, alumni, dan mitra (stakeholder).
- Meningkatkan partisipasi prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa dalam program hibah universitas hingga mencapai 80% keberhasilan proposal dalam 3 tahun.
4. Internasionalisasi:
- Menyelesaikan
akreditasi internasional (ACQUIN) pada tahun 2024.Mengikutsertakan minimal
10 mahasiswa prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa dalam
program pertukaran internasional setiap tahun.
- Menjalin kolaborasi penelitian dengan minimal
3 universitas luar negeri hingga tahun 2025.
- Menyelesaikan
akreditasi internasional (ACQUIN) pada tahun 2024.Mengikutsertakan minimal
10 mahasiswa prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa dalam
program pertukaran internasional setiap tahun.
- Menjalin kolaborasi penelitian dengan minimal
3 universitas luar negeri hingga tahun 2025.
- Menyelesaikan
akreditasi internasional (ACQUIN) pada tahun 2024.Mengikutsertakan minimal
10 mahasiswa prodi S1 Sastra Indonesia FBS Unesa dalam
program pertukaran internasional setiap tahun.
- Menjalin kolaborasi penelitian dengan minimal
3 universitas luar negeri hingga tahun 2025.
5.
Tata Kelola Prodi:- Meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap layanan prodi S1
Sastra Indonesia FBS Unesa dengan target minimal 90% responden merasa puas pada
survei tahunan.
- Meningkatkan efisiensi operasional prodi dengan
implementasi sistem manajemen berbasis teknologi yang diadopsi 100% pada tahun
2025.
6. Tahapan Implementasi:
- Tahap 1 (2015–2019): Menyiapkan daya saing
prodi di tingkat
nasional dengan pencapaian akreditasi A.
- Tahap 2 (2020–2024): Meningkatkan daya saing internasional melalui akreditasi internasional (ACQUIN).
- Tahap 3 (2025–2029): Menjadi prodi unggul di bidang bahasa dan sastra
Indonesia pada tingkat internasional.
- Tahap 1 (2015–2019): Menyiapkan daya saing prodi di tingkat nasional dengan pencapaian akreditasi A.
- Tahap 2 (2020–2024): Meningkatkan daya saing internasional melalui akreditasi internasional (ACQUIN).
- Tahap 3 (2025–2029): Menjadi prodi unggul di bidang bahasa dan sastra Indonesia pada tingkat internasional.
7. Indikator Keberhasilan dengan Target Angka
Indikator |
Target 2025 |
|
2
orang per tahun |
Mahasiswa lolos hibah penelitian |
3
orang per tahun |
Dosen publikasi di jurnal internasional |
40% dari total dosen |
Monitoring dan evaluasi
perkuliahan |
100% per semester |
Mata kuliah berbasis LMS |
80% mata kuliah |
Pendanaan mandiri prodi |
10% dari anggaran tahunan |
Program pertukaran mahasiswa internasional |
10 mahasiswa per tahun |
Kolaborasi penelitian dengan universitas asing |
3 universitas hingga 2025 |
Kepuasan layanan mahasiswa |
90% mahasiswa merasa
puas |
Sistem manajemen berbasis
teknologi |
100% implementasi pada 2025 |