AI, Legenda Calon Arang, dan Dunia Siber JKTerra 2108 dalam Iklan Marjan Eps 1 (Bedah Tanda Semiotika Iklan Marjan 2025: Part 1)

s1-sind.unesa.ac.id, SURABAYA-Memasuki bulan suci Ramadhan 2025, dunia Maya heboh dengan munculnya iklan produk sirup merek Marjan tahun 2025. Pasalnya dalam iklan tersebut, Marjan membawa tema modern dan kecanggihan teknologi yang begitu terasa.
Memang sudah bukan merupakan hal baru bahwa iklan Marjan selalu identik dengan puasa atau bulan suci Ramadhan. Hal ini karena iklan ini hanya tayang menjelang bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri tiba. Di luar masa atau momen puasa, Ramadhan, dan lebaran, iklan ini jarang ditayangkan.
Tak hanya waktu penayangannya yang menarik perhatian, tetapi juga tema yang dibawakan oleh iklan Marjan juga sangat unik. Beberapa tahun ini, iklan Marjan selalu membawakan tema seperti: cerita rakyat, legenda, tokoh atau pahlawan khas Nusantara.
Ini menarik karena jarang ditemukan iklan yang mengangkat unsur tradisional bahkan mampu mengemasnya secara modern. Salah satunya yang terbaru adalah iklan Marjan 2025.
Dalam iklan Marjan 2025 menceritakan terkait dunia siber dengan berbagai ornamen khas kota masa depan cyberpunk yang bercirikhas neon, industrialis, kecanggihan teknologi seperti mobil terbang, dan lain-lain.
Dalam episode 1 iklan Marjan mengisahkan tentang peradaban JKTerra tahun 2108. Terdapat seorang tokoh perempuan anak dari Mpu Baradah. Mpu Baradah menciptakan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) bernama Calon Arang yang memiliki energi sangat besar hingga lepas kendali serta mempengaruhi manusia yang bergantung pada teknologi yang memanfaatkannya.
Penggambaran AI, dunia JKTerra tahun 2108 merupakan manifestasi dari masa depan. Digambarkan pada tahun 2108 di JKTerra manusia telah mampu menciptakan kecerdasan buatan (AI) super canggih yang mengatur seluruh kehidupan manusia, pesawat transportasi terbang luar angkasa, robot, dan berbagai teknologi lain.
Penggambaran ini merupakan wujud dari ketakutan dan prediksi atas perkembangan teknologi AI saat ini seperti Chat GPT hingga Deepseek. Kecanggihan teknologi AI yang mampu melakukan pekerjaan manusia dikhawatirkan akan mempengaruhi manusia itu sendiri.
Disisi lain, iklan Marjan ini juga membawakan Legenda Calon Arang yang dikemas secara fresh dan modern. Legenda Calon Arang yang berasal dari Bali menceritakan tentang sosok janda penyihir Calon Arang yang membalas dendam terhadap orang-orang yang menyakiti ia dan putrinya. Sedangkan Mpu Baradah adalah sosok yang menumpas kejahatan Calon Arang.
Namun dalam iklan Marjan, tokoh Mpu Baradah digambarkan justru sebagai pembuat masalah karena menjadi tokoh yang memberikan energi bagi AI Calon Arang. Sehingga iklan Marjan 2025 ingin melakukan dekonstruksi atau penceritaan ulang serta adaptasi namun tetap terkait dengan legenda Calon Arang yang menjadi bingkainya.
Karena iklan Marjan 2025 ini terbagi ke dalam beberapa episode, maka untuk memastikan apakah hal tersebut benar atau tidak penonton harus menunggu hingga seluruh episode iklan Marjan ini selesai dan ditayangkan.
Penulis: Muhammad Azhar Adi Mas’ud